Silahkan Pilih Sendiri: Tempat Makan Gudeg di Jogjakarta

07 Juli 2016 23:46 WIB
TempatKuliner.com - Silahkan Pilih Sendiri: Tempat Makan Gudeg di Jogjakarta

Gudeg, makanan khas dari Yogyakarta atau juga biasa di sebut dengan singkat Jogja, yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya gudeg disajikan dengan nasi, kuah santan kental atau disebut juga areh, sambel krecek. Sebagai lauknya, biasanya ada pilihan tahu atau tempe bacem, ayam bacem dan juga telur rebus.

Rasa gudeg cenderung manis, walaupun biasanya bagi yang tidak menyukai masakan manis dapat memadukannya dengan sambel krecek yang lumayan pedas. Warna gudeg adalah coklat. Ada cerita yang mengisukan bahwa warna coklat pada gudeg dihasilkan dari darah ayam yang ditambahkan pada masakan. Hal ini sama sekali tidak benar. Warna coklat pada gudeg dihasilkan dari gula kelapa dan juga daun jati.

Ada beberapa varian gudeg yang dapat dinikmati di kota Yogyakarta dan sekitarnya, antara lain :

  1. Gudeg kering : yaitu gudeg yang disajikan dengan kuah areh sangat kental. Bahkan dibeberapa tempat, gudeg ini disajikan dengan kuah areh yang lebih kental dari masakan padang.
  2. Gudeg basah : yaitu gudeg yang disajikan dengan kuah areh encer.
  3. Gudeg Solo : yaitu gudeg yang kuah arehnya berwarna putih.

Di Yogyakarta sendiri, sebagai penghasil makanan ini, gudeg dijual seperti tidak mengenal waktu. Gudeg bisa dinikmati sebagai menu sarapan ataupun sebagai pengisi perut kosong di waktu malam hari. Bahkan dibeberapa titik di Kota Yogyakarta, ada beberapa penjual gudeg yang membuka dagangan mereka pada malam hari sampai dengan dini hari.

Berikut ini beberapa tempat yang dapat anda kunjungi untuk menikmati gudeg ketika anda berkunjung ke Kota Yogyakarta :

Gudeg Yu Djum

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah. Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, sluuuurppp gudeg ini tambah nikmat saja.

Gudeg Mataram Bu Pujo

Warung lesehan milik Bu Pujo spesial menghidangkan gudeg basah. Bedanya dengan gudeg kering, gudeg basah biasa dihidangkan dengan kuah santan yang nyemek dan manisnya juga moderat. Tidak semanis gudeg kering.

Gudeg Bu Hj. Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad adalah restoran yang khusus menyajikan makanan khas kota Yogjakarta yaitu Gudeg Jogja sejak 1965. Gudeg yang disajikan adalah Gudeg kering dan terkenal karena rasanya yang sangat enak, tidak terlalu manis dan lebih gurih.

Gudeg Yu Narni

Gudeg olahan Yu Narni kering dan tersaji di atas piring bambu dengan alas kertas coklat dan daun pisang. Rasa manis pada Gudeg Yu Narni cukup medok dan sayur nangka tersebut tersaji bersama areh kental, sedap tenan!

Gudeg Pawon

Gudeg yang disajikan di Gudeg Pawon ini berjenis gudeg basah. Berbeda dengan gudeg kering yang memiliki citarasa manis legit, Gudeg Pawon memiliki citarasa yang tidak terlalu manis dengan rasa agak gurih. Rasa gudegnya juga lebih fresh karena baru saja matang. Bagi penyuka pedas, tersedia juga lauk sambal goreng krecek yang rasanya sedikit pedas. Jika masih kurang pedas, maka bisa tambahkan cabe rawit untuk rasa pedas yang lebih mantap.

Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg Ceker Sedep Raos sendiri berdiri sejak tahun 2005 dan menempati sebuah warung tenda pinggir jalan yang berada di daerah seturan. Lokasi tepatnya berada di depan sebuah toko swalayan Mulia Mart dan berdekatan pula dengan SD Budi Mulia. Banyak yang mengenalnya sebagai Gudeg Ceker Seturan Kini Gudeg Ceker Sedep Raos telah berpindah lokasi dan menempati bangunan yang lebih permanen. Lokasi yang baru terletak di Jalan Affandi (Gejayan) no 30 Yogjakarta.

Gudeg Kaleng

Bahkan sejak beberapa waktu yang lalu, Bu Tjitro, salah satu produsen gudeg yang terkenal di Yogyakarta, mencoba trobosan baru dengan membuat gudeg kaleng. Gudeg yang sudah masak, dimasukkan kedalam kemasan kaleng, berikut dengan sambel krecek, areh, ayam dan juga telur. Gudeg ini cukup laris, karena bisa dijadikan oleh-oleh.

TempatKuliner.com - Angkringan, Romantisme Murah ala Jogja

Angkringan, Romantisme Murah ala Jogja

Angkringan sudah menjadi salah satu icon bagi Jogja. Walaupun warung tenda dengan penerangan seadanya ini cukup banyak di kota-kota yang lain, akan tetapi di Jogja sangat mudah sekali menemui warung angkringan. Tidak hanya didaerah perkotaan, bahkan di desa dan gang-gang perumahan pun banyak tersebar angkringan.